Minggu, 13 November 2016

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER DAN KELEMAHAN DAN KELEBIHAN

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM
Dosen: Jessica Permatasari

Disusun oleh :
 Farhan Anggriawan  (13513233)
Ghifari Afiyan (13513705)

4 PA 10



UNIVERSITAS GUNADARMA
PROGRAM STUDI S-1 PSIKOLOGI
SEMESTER VII
TAHUN AJARAN 2016/2017

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

A. Informasi
1. Pengertian Informasi
Menurut Robert G. Murdik informasi adalah data yag telah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau masa mendatang.
Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
Berdasarkan beberapa pengertian mengenai informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan data yang telah diolah menjadi bentuk yang penting dan siap untuk diterima oleh penerima sebagai data yang mempunyai nilai penting. Informasi haruslah berkualitas, informasi yang berkualitas haruslah memiliki 3 hal berikut; akurat, tetap pada waktunya, dan relevan.
B. Sistem Informasi
1. Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi yang menggunakan komputer biasa disebut sistem informasi berbasis komputer (computer based information system atau CBIS).
Berikut beragam definisi sistem informasi :
Turban, McLean, dan Wetherbe (1999) sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
Bodnar dan HopWood (1993) sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
Alter (1992) sistem informasi adalah kombinasi antara prosedvur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.

2. Komponen-komponen Sistem Informasi berbasis Komputer adalah :
a. Hardware (perangkat keras)
b. Software (perangkat lunak)
c. Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data untuk menghasilkan output
d. Basisdata : suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan proses pencarian informasi
e. Jaringan komputer dan komunikasi data
f. Brainware
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Menurut  Sumber  dari  pustaka  (Budihar,  1995) ciri-ciri  umum   CBIS   atau   sistem   informasi yang  berbasiskan komputer sebagai berikut :
1.  Data  tersimpan  di  dalam  media  yang dapat  dibaca  oleh   mesin,  bersifat   padat  (compact),   dan  lebih  mudah  dan  cepat untuk   ditelusuri   (order   detik  hingga menit).
2.  Sebagai  konsekuensi  butir  1,  kumpulan data  yang  besar  ini  dapat  disimpan  di   dalam  satu  lokasi,  dan  sintesa  dari 49 Jurnal Teknik Elektro Vol. 3 No.1 Januari - Juni 2011 berbagai   himpunan    data  untuk memperoleh  gambaran  yang  lengkap  lebih mudah dilakukan.
3.  Kecepatan  pengolahan  data  sangat tinggi  (order  detik,  menit,  hingga  jam) sangat dipentingkan.
4.  Transmisi  data  sebagian  besar  dapat dilakukan  melalui  sarana  telekomunikasi
(kabel, microwave).
5.  Secara  keseluruhan,  delay  yang  terdapat di  dalam  aliran  data  dan  informasi  relatif akecil karna penelusuran, pemrosesan dan transmisi  data  dapat  dilakukan  dengan cepat.
6.  Lokasi-lokasi  pengembangan  dan pengoperasian  system  yang  tersebar  tidak menghalangi kemudahan dalam memonitor dan  mengkoordinasikan  segala aktivitasnya.

C. Hubungan Sistem Informasi dengan Psikologi
Hubungan psikologi dengan sistem informasi erat kaitannya dengan sistem informasi sumber daya manusia. Sistem informasi sumber daya manusia merupakan sebuah bentuk interseksi atau pertemuan antara bidang ilmu manajemen. Tiap perusahaan memiliki system untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada pemakai. Sistem ini dinamakan sistem manajemen sumber daya manusia (human resource information system) atau HRIS.
Hubungan lain sistem informasi dengan psikologi yakni, “Sistem Informasi Psikologi” adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian. Contoh nyata dari pengaplikasian SIP dalam kehidupan adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, dalam hal ini umumnya komputer (komputerisasi alat tes psikologi).
Memang antara Psikologi dan Informasi Teknologi memiliki kajian objek teoritis dan aspek yang berbeda mengenai hal apa yang menjadi objek ilmu mereka, namun dalam beberapa hal keberadaan Teknologi Informasi bisa menjadi suatu ilmu yang membantu dalam upaya pengembangan ilmu dan pemaksimalan dalam aplikasi ilmu Psikologi.

D. Kelemahan
1. Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
2. Sulit dikembangkan.
3. Sistem pakar tidak 100% bernilai benar.
4. Sistem yang tidak terkontrol dengan baik sehingga banyak error
5. Keterbatasan jumlah dan tingkat kemampuan SDM yang menguasai
6. Sistem Informasi
7. Perubahan Sistem informasi secara cepat sehingga kita belum tentu bisa melakukan adaptasi dengan perubahan tersebut
8. Kurangnya tenaga ahli di bidang Sistem Informasi
9. Adanya indikasi penyalahgunaan Sistem Informasi yang canggih
10. Kurangnya sosialisasi tengan Sistem Informasi

E. Keuntungan
1. Bisa melakukan proses berulang secara otomatis.
2. Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
3. Meningkatkan output dan produktivitas.
4. Meningkatkan kualitas.
5. Dapat meningkatkan keuntungan perusahaan
6. Mengurangi biaya bisnis
7. Meningkatkan pangsa pasar (ekspansi berupa jangkauan dan variasi produk)
8. Perbaikan relasi pelanggan atau pelayanan pelanggan
9. Meningkatkan efisiensi
10. Dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan
11. Pemenuhan peraturan lebih baik dan teratur
12. Kesalahan lebih sedikit
13. Perbaikan keamanan, dan
14. Kapasitas lebih banyak atau besar.

4 komentar:

  1. Itulah yang terjadi
    Kalau kita mau bejar yang giat dan super duper giat sehingga sedia kiala melambangkan keagungan serta kanugrahaan wahai covid-19 menghilang lah sistem informasi saat ini sangat pesat ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
  2. Membantulah sistem informasi

    BalasHapus